Hari Yos Sudarso: Kobarkan Semangat Perjuangan Collaborative Learning

Gagah perkasa kau pahlawan laut aru

Macan tutulmu lambang setiamu

Gigih berjuang untuk mengusir musuhmu demi nusantara jaya merdeka

Yos Sudarso pahlawan laut

Yos Sudarso pahlawan bangsa

Yos Sudarso tulus jiwamu

Yos Sudarso jaya namamu.

Gaung Mars Yos Sudarso menggema, menyemarakkan suasana gembira di Sekolah SMP-SMA Yos Sudarso Metro (Jumat, 15/01/21). Pada hari ini seluruh warga komunitas SMP-SMA Yos Sudarso bergembira atas peringatan pelindung sekolah, yakni Yos Sudarso. Dalam bulan Januari inilah Pahlawan Nasional Yos Sudarso gugur di Laut Arafuru demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hari ini pula merupakan hari jadi resmi Yayasan Yos Sudarso Metro dan sekolah SMP-SMA Yos Sudarso yang ke-56.


Dalam berbagai keterbatasan karena pademi covid-19 yang tak kunjung usai, seluruh guru dan karyawan SMP-SMA Yos Sudarso Metro merayakan sukacita tersebut melalui perayaan syukur dalam Ekaristi bersama. Dalam perayaan syukur tersebut, Rm. Markus Tukiman, SCJ selaku selebran utama menekankan pentingnya collaborative learning (pembelajaran kolaboratif). Menggali dari pesan Injil Mrk 2:1-12, collaborative learning seumpama empat sekawan yang berjuang dengan segala daya upaya membantu temannya lumpuh agar dapat berjumpa dengan Yesus dan memperoleh kesembuhan. Demikianlah dengan sekolah Yos Sudarso, dalam situasi yang tidak mudah ini bagaikan seorang yang lumpuh tersebut. Sedangkan, guru dan karyawan laksana empat sekawan yang mengusahakan agar sekolah Yos Sudarso dapat kembali bangun, tegak dan berjalan. Oleh karena itu, collaborative learning sangat dibutuhkan bagi seluruh guru dan karyawan Yos Sudarso.

Unit sekolah SMA melanjutkan semarak perayaan dengan mengadakan workshop dalam tim-tim tertentu yang telah dibentuk untuk menyusun suatu mata pelajaran yang berlandaskan pada literasi, notulensi dan aksi per tingkat sebagai bentuk collaborative learning. Sedangkan unit sekolah SMP merayakan kegembiraan hari pelindung sekolah dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan. Masing-masing membawa suatu jenis makanan yang telah disepakati untuk diolah dan dinikmati bersama di sekolah. Kegembiraan sebagai satu keluarga besar Yos Sudarso Metro tampak dalam perayaan syukur yang sederhana tersebut. Oleh karena itu, kolaborasi terus dibangun dalam setiap segi hidup warga sekolah Yos Sudarso Metro.

Dengan semangat juang Yos Sudarso yang gugur demi Indoensia, maka marilah kita meneladan perjuangan pahlawan Indonesia tersebut untuk berjuang dan rela berkorban demi pendidikan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Hanya melalui pendidikanlah suatu masyarakat, suatu bangsa dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Teruslah berkobar semangatmu, Yos Sudarso pahlawanku dalam jiwa kami para penerusmu. (by Fr. Edy SCJ)

di dalam Acara
Hari Pramuka SMP Yos Sudarso Metro